Tentang Berita dari OKAZ

Tentang Berita dari OKAZ

Dipublish pada 10 Agustus 2019 Pukul 08:17 WIB

723 Hits

Mekkah - persis.or.id, Di pintu Al-Malik Fahd, Masjidil Haram, seorang polisi berseragam loreng, dengan baret merahnya, juga dengan kumis  dan jenggot lebatnya berdiri tegak, gagah dan berwibawa. 

Dia sedang menghadapi seorang perempuan Arab yang sudah sepuh. Polisi yang diketahui bernama Khalid bin Madly AI`Utayby ini meletakkan kedua tangannya di atas baret merahnya dan berkata lembut kepada perempuan Arab yang sudah sepuh itu, “Akan kusanjung tamu Allah setinggi-tingginya”. Sang perempuan ini,  tampak tersenyum bangga dan bahagia.

Harian berbahasa Arab, OKAZ, edisi Jumat 9 Agustus 2019/8 Zul Hijjah ini  menempatkan potret  Al-`Utayby dan perempuan Arab yang sudah  sepuh itu di halaman  muka. Jadi berita headline (berita utama) pula.

Mengapa jajaran redaksi OKAZ memutuskanvberita itu di halaman muka?

Pertama, ini berita hangat, soal ibadah haji. Kedua, ini berita menarik, meski bukan berita penting. Ketiga, OKAZ ingin pula ikut  menyampaikan pesan  bahwa pelayanan dan pengaman ibadah haji sudah sedemikian prima. Setiap tamu akan disanjung dan dihormati, dijaga keamanan dan kenyamannnya. Al-`Utayby dan perempuan Arab yang sudah sepuh itu sebagai pembentukan kesan dan pesan positif. Kata orang pintar, “Media is message”۔

OKAZakhstan  melengkapi berita Al-`Utayby sebagai who`s who di halaman 4, di bawah rubrik “ An-Niyaabah”. Kini, wajah gantengnya sedang menghadap ke muka, dan tersenyum.

Siapa khatib hari Arafah? OKAZakhstan  pada hari yang sama menyebut Syekh Muhammad bin Hasan bin Abdurrahman bin Abdul Latif Ali As-Syaikh. u

OKAZ halaman 8 berikutnya menulis, khatib hari Arafah itu pakar (rujukan)  hadis dan tafsir. (Dean Al-Gamereu)

Oleh: Cedin Rosyad Nurdin Peserta Haji Undangan Raja tahun 1440 H perwakilan PERSIS yang juga ketua PW Persis Banten


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?