Tragedi Nanggala 402, Hima PERSIS Desak Pemerintah Lakukan Percepatan Modernisasi Alutsista TNI

Tragedi Nanggala 402, Hima PERSIS Desak Pemerintah Lakukan Percepatan Modernisasi Alutsista TNI

Dipublish pada 27 April 2021 Pukul 13:33 WIB

191 Hits

Jakarta - persis.or.id, Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima PERSIS) turut berdukacita cita atas tenggelamnya KRI Selam Naggala 402 diperairan Selatan Balai yang dinyatakan subsunk (tenggelam) pada Sabtu, 24 April 2021. Yang mana, hal ini diumumkan langsung oleh Panglima TNI, Jendral Hadi Cahyanto.

"Kita merasakan duka yang cukup mendalam atas kejadian ini. Sebagai sesama putera bangsa, PP. Hima Persis menyampaikan duka kepada 53 pahlawan korban subsunknya KRI Nanggala 402. Dan semoga keluarga korban tetap tabah dan kuat dalam menghadapi musibah ini," kata Sekjend PP. Hima PERSIS Ceceng Kholilullah dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (27/4/2021).

PP. Hima PERSIS mendorong pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pertahanan untuk lebih serius melakukan percepatan modernisasi alutsista agar tidak terjadi hal yang sama di kemudian hari.

Ceceng menambahkan bahwa hal ini harus menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk secepatnya melakukan modernisasi alutsista yang dimiliki negara saat ini. Ceceng juga meminta kepada semua elemen pemerintah untuk serius dalam upaya-upaya modernisasi ini untuk mencegah jatuhnya korban prajurit lebih banyak lagi.

"Pemerintah harus secepatnya melakukan langkah-langkah kongret memodernisasi alutsista kita. Kejadian ini harus menjadi refleksi bagi pemerintah terkait buruknya kondisi dan keadaan alutsista TNI. Jangan sampai nyawa prajurit kita menjadi korban lagi," ucap Ceceng.

PP. Hima PERSIS berpandangan bahwa modernisasi alutsista merupakan hal yang urgen untuk secepatnya dilaksanakan oleh negara. Selain sebagai bentuk keseriusan dalam menjaga keamanan negara, hal itu juga akan berpengaruh dalam memberikan citra positif kepada dunia. Indonesia dengan SDM yang melimpah harus disupport dengan sistem dan alutsista yang canggih dan modern.

Sementara Budi Ritonga Kabid. Polhuk PP. Hima Persis melalui pesan Whatsapp dari Pekanbaru Riau menambahkan, bahwa modernisasi alutsista ini tentu menjadi sangat urgent saat ini. Luasnya teritorial kita dengan limpahan Sumber Daya Alam harus dipastikan terjamin kondisi dan keamanannya. Tentunya salah satu upaya kongret yang harus dilakukan pemerintah selain memaksimalkan kemampuan prajuit juga harus melakukan peremajaan terhadap sarana dan prasarana pertahanan dan tempur prajurit.

“Kementrian Pertahanan bersama Panglima dan pucuk pimpinan TNI mengaku akan melakukan upaya penyusunan master plan alutsista tiga matras TNI AD/AL/AU untuk 25 tahun kedepan sebagaimana harapan dari Bapak Presiden. Dan semoga dalam 2-3 pekan kedepan sudah bisa dirampungkan,” pungkas Budi.


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?