Trend Ekonomi Syariah, Prodi Eksyar STAIPI Bandung Bisa jadi Pilihan Terbaik

Trend Ekonomi Syariah, Prodi Eksyar STAIPI Bandung Dapat Menjadi Pilihan Terbaik

Dipublish pada 02 September 2021 Pukul 08:46 WIB

232 Hits

Bandung, Persis.or.id - Ekonomi Syariah (Eksyar) merupakan program studi yang tergolong baru di Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam (STAIPI) Bandung. Program studi tersebut mempelajari sebuah permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat tentunya dengan kacamata dan pendekatan Islam.

 

Prodi Eksyar ini juga mempunyai sebuah visi, yaitu menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang islami, profesional, dan kompetetif dalam bidang ekonomi syariah di tahun 2031. 

Adapun Misi Prodi Eksyar STAIPI Bandung yaitu:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ekonomi syariah;

2. Mengembangkan pelaksanaan penelitian yang berdaya saing di bidang ekonomi syariah; 

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi syariah sebagai wujud ikhtiar membangun masyarakat yang sejahtera lahir dan batin; 

4. Membangun dan memperluas hasil-hasil kajian ekonomi syariah melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi;

5. Membangun jejaring dan kerjasama di bidang ekonomi syariah, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Eksyar STAIPI Bandung menghasilkan lulusan dengan keahlian di bidang perbankan, asuransi, dan bidang keuangan lainnya yang berbasis syariah. Untuk menunjang bidang-bidang tersebut, ada beberapa mata kuliah yang diampuh.

Mata kuliah yang dimaksud seperti Fiqih Muamalah, Fiqih Maliyah Muashirah, Tafsir dan Hadits Ekonomi, Ushul Fiqih, Akuntansi Syariah, Ekonomi Makro Syariah, Ekonomi Mikro Syariah, Sistem Moneter Islam, Sejarah Pemikiran Ekonomi Syariah, Manajemen Lembaga Zakat, BMT dan Koperasi Syariah, Sistem Ekonomi Indonesia, serta beberapa mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan ekonomi Islam.

Saat ini, lulusan angkatan pertama dan mahasiswa yang masih berkuliah di Prodi Eksyar telah menjadi pebisnis serta membuka lapangan usaha untuk orang lain.



(Anggi Ayu Pratiwi)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?