Universitas Persatuan Islam Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Sampai 16 Agustus 2019, Yuk Daftar !

Universitas Persatuan Islam Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Sampai 16 Agustus 2019, Yuk Daftar !

Dipublish pada 12 Agustus 2019 Pukul 20:41 WIB

433 Hits

Bukan sebuah kebetulan, Universitas Persatuan Islam (UNIPI) ini didirikan. Biqudratillaah, terdapat cita-cita besar Jam’iyyah Persatuan Islam untuk turut berpartisifasi aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta mewujudkan masyarakat yang adil dan beradab. Pendidikan dan dakwah sebagai tonggak utama perjuangan Persatuan Islam diwujudkan salahsatunya dengan pengembangan Pendidikan Tinggi di lingkungan Jam’iyyah Persatuan Islam. Dan Universitas Persatuan Islam adalah salah satu jawabannya.

Di tengah persaingan dunia pendidikan tinggi di Indonesia, Universitas Persatuan Islam mempertegas jati dirinya. Memposisikan institusinya sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi milik Jam’iyyah Persatuan Islam yang memiliki visi terwujudnya universitas yang unggul, profesional dan berakhlakul karimah berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah di tingkat Nasional pada tahun 2028. Sebagai Ormas Islam yang memiliki basis umat dan sumber daya manusia yang rill, universitas Persatuan Islam diharapkan mampu menjadi pintu terbuka bagi kader, simpatisan dan umat islam secara umum untuk melanjutkan pendidikan tinggi sesuai dengan minat dan bakatnya.

Pada tahun pertama setelah didirikannya, Universitas Persatuan Islam membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 209/2020 untuk seluruh Program Studi yang telah diizinkan beroperasi, yaitu Program Studi Peternakan, Ilmu Lingkungan, Pariwisata, Informatika, Bisnis Digital dan kedua terakhir yang sudah berjalan sebelumnya yakni Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Bahasa Inggris. Bagi kalangan internal Jam’iyyah mungkin dianggap asing dengan Prodi-Prodi “non-keislaman” tersebut. Namun, prospek Prodi yang dibuka tersebut justru diharapkan dapat menghasilkan insan akademik dan profesional muslim berkarakter yang mumpuni di bidangnya. Saatnya Umat Islam membuka lembaran kembali kejayaan Umat Islam terdahulu. Peradaban Islam gemilang yang ditandai dengan munculnya para ulama, ilmuwan dan teknokrat muslim yang unggul dan berpengaruh di bidang sains dan teknologi.

UNIPI membuka Kesempatan Luas Bagi Kader Jam’iyyah dan Umum

Seiring dengan semakin berkembangnya kuaiitas dan kuantitas Pesantren Persatuan Islam di berbagai pelosok Negeri, ribuan lulusan tingkat Mu’allimin/Aliyah bertebaran dimana-mana. Secara langsung maupun tidak lagsung, tentunya menjadi potensi tersendiri bagi pengembangan Sumber Daya dan Kader Jam’iyyah. Bahkan, lulusan- lulusan Pesantren Persis telah banyak menorehkan prestasinya di bidang keilmuan dan pembangunan Nasional.

Dan sesuai dengan tantangan zaman dan arus revolusi industri yang semakin maju, berbagai disiplin keilmuan harus segera dikuasai. Tidak hanya dalam bidang “keilmuan Islam”, namun dalam bidang keilmuan dan profesi lainnya yang tentunya berkarakter, berakhlakul karimah, berpegang teguh terhadap Al-Qur’an dan As- Sunnah serta senantiasa membumikan cita-cita Jam’iyyah dan Agama Islam dalam setiap aspek kehidupan.

Untuk itu, sebagai Ormas Islam yang konsern terhadap gerakan Dakwah dan Pendidikan, Jam’iyyah Persatuan Islam berkomitment untuk melakukan pengembangan di bidang Pendidikan Tinggi. Dan Universitas Persatuan Islam membuka pintu selebar- lebarnya bagi lulusan Pesantren, kader dan simpatisan Jam’iyyah seluruh Indonesia sebagai sumber daya prioritas untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Persatuan Islam.

Demikian pula sebagai tanggung jawab akademik Pendidikan Tinggi di Indonesia, Universitas Persatuan Islm tentunya membuka kran penerimaan mahasiswa baru tidak hanya untuk kalangan internal Jam’iyyah, namun bagi kalangan umat islam secara umum untuk turut serta bergabung di Universitas milik Persatuan Islam ini. Sekaligus sebagai bentuk Syi’ar dan wujud jihad jam’iyyah bagi penegakkan Izzul Islam wal muslimin di tengah-tengah Umat Islam.

UNIPI Siapkan Kurikulum dan Tenaga Pengajar Relevan

Kurikulum sebagai jantungnya Pendidikan dibuat sedemikian rupa untuk menunjang pecapaian visi universitas. Perkuliahan di Universitas Persis mengacu pada standar kedalaman dan keluasan materi pembelajaran, meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan umum dan aspek keterampilan khusus masing- masing prodi. Disajikan dengan menggunakan pendekatan Student Learning Center; pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Kurikulum memuat capaian pembelajaran mengacu pada deskripsi level 6 (enam) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai Perpres Nomor 8 tahun 2012 dan Permendikbud Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Meski terdiri dari Prodi dengan rumpun disiplin keilmuan umum, sesuai dengan visi keislamannya Universitas Persatuan Islam menambah bobot SKS mata kuliah keagamaan. Maka struktur kurikulum terdiri dari Mata Kuliah Wajib Umum untuk semua Prodi dan Mata Kuliah Wajib Khusus untuk masing-masing Prodi. Mata Kuliah Wajib Umum selain Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kewirausahaan juga terdiri dari 5 (lima) Studi islam, yaitu Studi Islam 1 (Bahasa Arab), Studi Islam 2 (Aqidah Akhlak), Studi Islam 3 (Fiqih), Studi Islam 4 (Studi Pemikiran dan Peradaban Islam) dan Studi Islam 5 (Kejam’iyyahan). semua Mata Kuliah ini ada di setiap Prodi dan tersebar di 6 (enam) semester. Selain itu, terdapat pula tugas terstruktur berupa mentoring pembinaan karakter keislaman dan program tahfidz.

Adapun Mata Kuliah Wajib Khusus Prodi mengacu kepada bahan kajian yang sesuai dengan profile lulusan yang diinginkan. Diantara profile prodi yang dicanangkan oleh Universitas Persatuan Islam adalah:

1. Prodi Peternakan

Program Studi Peternakan UNIPI mempelajari ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi peternakan meliputi pengembangbiakan ternak, pakan ternak, pengolahan hasil ternak, manajemen pemasaran dan pengorganisasian sistem produksi ternak berkelanjutan yang berorientasi pada peningkatan produksi, efisiensi, kualitas dan berkelanjutan.

Dosen pengampu pada Prodi Peternakan adalah:


  • Abdurrahman Akbar, M.S (UNPAD)

  • Ai Nurfaridah, M.S (UNPAD)

  • Asma Bio Kemistri, M.Sc (UGM)

  • Labib Abdillah, M.Sc (UGM)

  • Ima Malawati, M.Si (UGM)

  • Laelatul Purnamayanti, M.Sc (UGM)

 

2. Prodi Pariwisata

Prodi Pariwisata dirancang untuk menghasilkan ahli-ahli pariwisata profesional dan berakhlakul karimah, yang memiliki penguasaan secara konseptual dan praktis terhadap aspek-aspek kepariwisataan dan pengelolaan pariwisata secara umum serta spesialisasi pada pariwisata halal.

Dosen pengampu pada Prodi Pariwisata adalah:


  • Siti Fadlina, M.PPar (ITB)

  • Ahmad Rimba Dirgantara, M.PPar (ITB)

  • Arya Nugraha Soepardi, MM.Par (STP Bandung)

  • Dian Aquarita, M.PPar (ITB)

  • Febriana, M.PPar (ITB)

  • Muhammad Henfi Abdul khoir, MP..Par (ITB)

 

3. Prodi Ilmu Lingkungan

Prodi Ilmu Lingkungan mempersiapkan sarjana ilmu lingkungan yang berakhlakul karimah, concern terhadap permasalahan lingkungan dengan basis khalifah fil ardl dan mampu menciptakan produk pemikiran dan lapangan kerja berbasis penelitian dan teknologi di bidang lingkungan yang bermanfaat serta berkelanjutan bagi masyarakat di masa kini dan masa yang akan datang.

Dosen pengampu pada Prodi Ilmu Lingkungan adalah:


  • M.H. Anang Hadiat, M.IL (UNPAD)

  • Melbi Tanjung, M.IL (UNPAD)

  • Sri ratna Wulan, M.IL (UNPAD)

  • Rezha Agistria, M.Sc (UGM)

  • Muhammad Fathin, M.Sc (UGM)

  • Allan Darma Pramudita, M.T (ITB)

 

4. Prodi Informatika

Prodi informatika mempelajari struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Lulusan mampu mengimplementasikan arsitektur jaringan, software dan pemecahan kasus.

Dosen pengampu pada Prodi Informatika adalah:


  • Miftahul Sidiq, M.Kom (UNIKOM)

  • Mohamad Isa Syahroni, M.Sc (Universitat Duisburg-Essen Germany)

  • Nofia Filda Fauziah, M.Kom (UNIKOM)

  • Errysa Subekthi, M.Kom (STIMIK LIKMI)

  • Maulana Hasan Mud’is, M.Kom (STIMIK LIKMI)

  • Achmad Zulhardiyanto. M.Kom (STIMIK LIKMI)

  •  

5. Prodi Bisnis Digital

Prodi Bisnis Digital ditujukan untuk merespon perkembangan revolusi industri 4.0 yang berbasis internet. Kurikulum disiapkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan keahlian untuk mendorong terbentuknya hard skills, serta keterampilan keperibadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Lulusan Prodi ini akan memiliki daya saing dan keahlian dalam bidang Start Up Digital, market place, big data, hinga artificial intellegence.

Dosen pengampu pada Prodi Bisnis Digital adalah:


  • Enung Suwarni, M.BA (ITB)

  • Rosa Nurfitria, M.A.B (ITB)

  • Ary Zanuwar, M.Kom (STIMIK LIKMI)

  • Resti Gamiarsi, M.Kom (STIMIK LIKMI)

  • Reddy Ahmad Novian, M.M (Telkom University)

  • Nepi Andini, M.M (Univ BSI)

 

6. Prodi Pendidikan Sejarah

Pprodi Pendidikan Sejarah memiliki visi menghasilkan tenaga pengajar Sejarah berkualitas yang dilandasi pemahaman agama,  ilmu  dan  teknologi  yang terintegrasidan komprehensif. P.rodi Pendidikan Sejarah memiliki target menghasilkan kompetensi utama lulusan profesional, pedagogik, pribadi dan sosial. Kompetensi profesional artinya lulusan dapat bertindak cerdas dalam melaksanakan tugas sebagai agent pembelajaran Sejarah. Kompetensi pedagogik diharapkan tercermin saat lulusan mampu memahami peserta didik dan menyiapkan  segala  perangkat  pengajaran sebelum mengajar Sejarah. Kompetensi pribadi tercermin dalam  pribadi  yang berakhlak mulia, jujur, menjadi teladan. Dan kompetensi sosial diharapkan mampu menghasilkan sisi soft skills lulusan seperti mampu bekerjasama dengan orang lain, menggunakan teknologi informasi secara fungsional dalam pembelajaran Sejarah dan sebagainya. Selain itu, lulusan Prodi Pendidikan Sejarah secara kreatif mampu menciptakan pilihan karier dan profesi lain.

Dosen pengampu pada Prodi Pendidikan Sejarah adalah:


  • Muslim Nurdin, M.Hum (UIN Bandung)

  • Iis Suryani, M.Si (UI)

  • Prima Purnama Sumantri, M.Pd (UPI)

  • Siti Jubaedah, M.Pd (UPI_

  • Nurmentari Jantisiana, M.Pd (UPI)

  • Riani Suminar, M.Pd (UPI)

  • Meri Erlina, M.Pd (UPI)

  • Hj. Sylvia, M.Pd (UPI)

 

7. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Demikian pula, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki visi menghasilkan sarjana Kependidikan Bahasa Inggris berkualitas yang dilandasi pemahaman agama, ilmu dan teknologi yang terintegrasi, serta mampu bersaing. Maka Prodi ini memiliki target menghasilkan kompetensi utama lulusan yang menguasai aspek-aspek kebahasaan, menguasai keterampilan berbahasa Inggris, mengenal peserta didik, merancang, melaksanakan dan menilai proses dan hasil pembelajaran bahasa Inggris, melakukan penelitian guna pengembangan diri dan kualitas pembelajaran bahasa Inggris, dan mampu menggunakan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu,

lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris secara kreatif mampu menciptakan pilihan karier dan profesi lain.

Dosen pengampu pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah:


  • Ana Yusyfiana, M.Pd (UPI)

  • Rudi Suherman, M.Hum *UNPAD)

  • Risa Fitriani, M.Hum (UPI)

  • Misyi Gusthini, M.Hum (UNPAD)

  • Yuni Lestari, M.Hum (UNPAD)

  • Fitriani Nurhalimah, M.Hum (UNPAD)

  • Iip Syarif Hidayat, M.Hum (UNPAD)

 

Waktu perkuliahan di UNIPi dibagi kepada 2 (dua) kelas pilihan. Jadi calon mahasiswa baru dapat memilih kelas pagi dan kelas sore. Kelas pagi diselenggarakan setiap hari Senin sampai kamis mulai pukul 07.30-15.00 WIB, sedangkan kelas sore diselenggarakan setiap hari Kamis hingga Sabtu mulai pukul 16.00-21.00 WIB. Adapun tempat perkuliahan difokuskan di Jl. Pajagalan 14 dan 31 dan Jl. Peta 154 Bandung.

Bagaimana cara masuk UNIPI

Sebagai pengembangan dari STKIP Persatuan islam menjadi Universitas Persatuan Islam, STKIP Persatuan Islam telah berdiri sejak tahun 2000 dan telah menghasilkan ratusan lulusan Prodi Pendidikan Sejarah dan Pendidikan bahasa Inggris. Dan pada tahun 2019 ini, selain 2 (dua) Prodi tersebut, UNIPI membuka untuk Prodi lain yaitu Prodi Peternakan, Ilmu Lingkungan, Pariwisata, Informatika dan bisnis Digital.

Masa Penerimaan pendaftaran mahasiswa baru dibuka sejak 01 April 2019 dan ditutup pada tanggal 16 Agustus 2019 buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 13.00-18.00 WIB..

Caranya mudah, kita tinggal mendaftarakan diri secara online di www.universitas-persis.ac.id/pmb

lalu diikuti dengan pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp.250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Setelah itu melengkapi dokument persyaratan berupa pass foto, foto copy KTP, KK, dan Ijazah. Setelah semua lengkap, kita tinggal menunggu fase test seleksi yang akan digelar pada tanggal 19 Agustus 2019. Setelah lulus seleksi, perkuliahan dimulai pada tangga 16 September 2019. Jadi menunggu apa lagi, silahkan daftarkan diri Anda atau sanak saudara kita di Universitas Persatuan Islam (UNIPI). (/DDN)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?