Wisuda Tahfidz dan Ujian Terbuka Markaz Khidmat al-Qur'an wa al-Sunnah Garut  

Wisuda Tahfidz dan Ujian Terbuka Markaz Khidmat al-Qur'an wa al-Sunnah Garut  

Dipublish pada 04 April 2021 Pukul 20:26 WIB

275 Hits

Garut - persis.or.id, 03 April 2021, Markaz Khidmat al-Quran wa al-Sunnah (MKQS) mengadakan wisuda tahfidz dan ujian tahfidz terbuka. Acara tersebut bertempat di aula PD Persis Garut. Kegiatan yang berlangsung dari pagi ini dibuka sambutan dari Mudir Markaz ustadz Husen Zainal Muttaqin, Lc., M.Pd, dan dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Persis Garut ustadz H. Ena Sumpena, M.Pd.I.

Ujian Tahfidz terbuka ini diikuti oleh 15 orang santri, terdiri dari 13 santri akhwat dan 2 santri ikhwan, dengan capaian hafalan juz yang berbeda-beda. Mulai dari 5 juz akhir (26-30) juga 5 juz dari juz 21-25. Selain ujian hafalan disertakan pula pemberian ijazah bersanad matan Tuhfat al-Athfal dan Al-Jazariyah kepada 11 santri.

Pengujian tahfidz terbuka ini pertama kali diadakan MKQS. Dalam kesempatan ini didatangkan juri yang luar biasa yaitu Syeikh Dr. Tajuddin al-Abbasyi dan Dr. Nashruddin Syarif, S.S.,M.Pd.I. Ujian ini bertujuan untuk melihat kualitas hafalan santri Markaz selama satu semester kebelakang.

Sehubungan Markaz Khidamat al-Qur'an wa al-Sunnah ini dibawah naungan PD persis, maka turut serta para otonom PD Persis Garut. Begitupula diundang para Mudir al-‘Am setiap pesantren, wali santri, dan para donator untuk menyaksikan ujian ini.

Markaz yang baru dalam tahap merintis ini diharapkan dapat melahirkan huffazh di kemudian hari. Santri lulusan Markaz ditargetkan tidak hanya hafal al-Quran 30 juz mutqin tetapi juga menghafal hadits, mempelajari bahasa Arab, dan penguasaan matan bersanad.

Acara dari awal sampai akhir alhamdulilah berlangsung dengan lancar. Dengan acara seperti ini semoga dapat menjadi pemantik dan motivasi bagi setiap santri Markaz untuk lebih serius menghapal Al-Qur'an. Allahummarhamna bilquran. (Santika & Namira)


Sebarkan Tulisan ini

Apa Komentar Anda?