Kepala Daker Madinah Apresiasi Dedikasi Petugas Haji

oleh Reporter

24 Mei 2024 | 12:57

Madinah, persis.or.id, Kepala Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi memberikan apresiasi atas dedikasi petugas haji. Pasalnya, dalam sehari mereka sangat minim waktu istirahat untuk melayani tamu Allah.

"Saya berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada petugas yang tidak ada lelahnya. Istirahat hanya 2-3 jam setiap hari,” katanya ketika memimpin apel pagi di kantor Daker Madinah, Jumat (24/5/2024). 

Ia menjelaskan, apresiasi ini diberikan karena sudah ratusan jemaah yang tersesat berhasil diantar ke hotelnya oleh petugas dan ratusan koper yang diantar. Belum lagi jemaah yang tidak ingin terpisah dengan kloternya, dan lain sebagainya. 

Namun Ali mengingatkan bahwa tugas petugas haji Daker Madinah belumlah tuntas. 

“Hari ini, 16 hari kedatangan petugas haji di Madinah dan 13 hari kedatangan jemaah haji,” ujarnya.

"Sampai 1 Juni kita akan masih berikan pelayanan di Madinah. Penerbangan sudah selesai namun jemaah masih ada hingga awal Juni," sambungnya.

Ali juga mengingatkan agar petugas tetap menjaga kondisi kesehatannya karena puncak haji masih lama. 

“Jaga kesehatan. Puncak haji di Makkah bukan di Madinah,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Ali juga mengingatkan petugas harus ikhlas dalam melayani para tamu Allah. 

“Tidak perlu melihat ada kepala seksi apa tidak. Berikan pelayanan kepada jemaah haji 24 jam sebagai ladang ibadah bapak ibu,” imbaunya. 

“Ada yang menyanjung atau tidak ada, ada yang melihat atau tidak, itu hubungan kita kepada tamu Allah hubungan kepada Allah SWT,” lanjutnya. 

Ali juga mengingatkan agar petugas haji sabar ketika diberikan kritik oleh jemaah haji Indonesia. 

“Kita sebagai pelayan, kalau tuan kita marah tidak apa-apa, kita tetap berikan yang terbaik. Wajar jika jemaah Haji menuntut kepada kita,” katanya. 

“Karena kita sudah berniatkan untuk menjadi petugas haji. Saya sendiri diprotes dimarahi oleh jemaah haji,” sambungnya. 

Namun Ali juga mengatakan, meski ada yang komplain, tidak sedikit juga jemaah haji yang memuji petugas haji Indonesia. 

“Namun tidak sedikit jemaah haji yang berikan apresiasi, yang merasa petugas haji luar biasa dibandingkan sebelumnya,” ujarnya. 

“Dari 90 ribu setidaknya 90 persen akan berikan apresiasi kepada petugas. Jika ada satu dua yang komplain itu biasa,” tambahnya.

Reporter: Reporter Editor: admin