Syari’at sujud sahwi dilaksanakan oleh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam dalam empat keadaan, yaitu;
1. Lupa Tertinggal Tasyahud Awal
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ بُحَيْنَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّهُ قَالَ: «صَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ مِنْ بَعْضِ الصَّلَوَاتِ، ثُمَّ قَامَ، فَلَمْ يَجْلِسْ، فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ، فَلَمَّا قَضَى صَلاَتَهُ وَنَظَرْنَا تَسْلِيمَهُ كَبَّرَ قَبْلَ التَّسْلِيمِ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، ثُمَّ سَلَّمَ» صحيح البخاري (2/ 67)
Dari Abdullah bin Buhainah –semoga Allah meridhainya-, berkata : Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam shalat mengimami kami -pada sebagian salat- setelah dua raka’at beliau berdiri dan tidak duduk dulu, maka orang-orang pun berdiri mengikutinya. Ketika beliau selesai melaksanakan salat dan kami menunggu-nunggu salamnya, beliau takbir sebelum salam dan sujud dua kali dalam keadaan duduk kemudian salam. (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, 2/67)
2. Lupa Kekurangan Raka’at
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الْعَصْرَ، فَسَلَّمَ فِي ثَلَاثِ رَكَعَاتٍ، ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ، فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْخِرْبَاقُ، وَكَانَ فِي يَدَيْهِ طُولٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ فَذَكَرَ لَهُ صَنِيعَهُ، وَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ، حَتَّى انْتَهَى إِلَى النَّاسِ، فَقَالَ: أَصَدَقَ هَذَا قَالُوا: نَعَمْ، «فَصَلَّى رَكْعَةً، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ» صحيح مسلم (1/ 404)
Dari ‘Imron bin Hushain, sesungguhnya Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam salat Ashar kemudian salam pada raka’at yang ketiga lalu masuk rumah. Lalu berdirilah seorang lelaki yang bernama Khirbaq –yang mana kedua tangannya panjang- lalu berkata : Wahai Rasulullah! , lalu dia menerangkan yang diperbuat beliau. Rasulullah keluar dalam keadaan marah sambil menggusur sarungnya sehingga sampai pada orang-orang, lalu bertanya : Apakah orang ini berkata benar? Mereka menjawab : Ya, kemudian beliau shalat satu raka’at lalu salam lalu sujud dua kali lalu salam. (HR. Muslim, Shahih Muslim, 1/404)
3. Lupa Kelebihan Raka’at
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا، فَقِيلَ لَهُ: أَزِيدَ فِي الصَّلاَةِ؟ فَقَالَ: «وَمَا ذَاكَ؟» قَالَ: صَلَّيْتَ خَمْسًا، فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ بَعْدَ مَا سَلَّمَ صحيح البخاري (2/ 68)
Dari Abdullah bin Mas’ud, sesungguhnya Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam shalat dzuhur lima raka’at, lalu beliau ditanya “apakah salat (raka’atnya) ditambah?” Rasulullah besabda: Memangnya kenapa? Orang itu menjawab, “Anda shalat lima raka’at”, kemudian beliau sujud dua kali setelah salam. (HR Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, 2/68)
4. Ragu Jumlah Raka’at Shalat
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاتِهِ، فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلَاثًا أَمْ أَرْبَعًا، فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ، ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ، فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلَاتَهُ، وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لِأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ» صحيح مسلم (1/ 400)
Dari Abi Sa’id Al Khudri, berkata : Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian ragu dalam shalatnya, lalu tidak tahu apakah baru tiga raka’at ataukah sudah empat raka’at? Maka buanglah yang ragu dan tetapkanlah yang yakin, kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ia shalat lima raka’at, maka cukuplah salat itu baginya dan jika ia shalat sempurna empat raka’at, maka itu merupakan penghinaan bagi syetan. (HR. Muslim, Shahih Muslim, 1/400)
Dari hadits-hadis di atas dapat disimpulkan bahwa adanya syari’at sujud sahwi berhubungan dengan lupa terlaksananya kewajiban dan rukun shalat, baik dalam shalat wajib maupun shalat sunat, karena pada shalat sunat pun ada kewajiban dan rukun yang mesti dipenuhi.
Adapun takbir zaidah (tambahan selain takbiratul-ihram) pada shalat ‘ied tidak wajib dan tidak termasuk rukun shalat. Hadits yang menerangkan takbir ‘ied 7 pada raka’at pertama dan 5 pada raka’at kedua berupa perbuatan Nabi shallalahu ‘alihi wasallam semata tanpa ada penekanan dalam riwayat lain yang memerintahkannya/mewajibkannya.
Dalam kaidah ushul disebutkan
مجرد الفعل لا يفيد الوجوب
Semata perbuatan Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam tidak menunjukkan wajib.
Imam Asy-Syaukani menerangkan,
وَالظَّاهِرُ عَدَمُ وُجُوبِ التَّكْبِيرِ كَمَا ذَهَبَ إلَيْهِ الْجُمْهُورُ لِعَدَمِ وُجْدَانِ دَلِيلٍ يَدُلُّ عَلَيْهِ- نيل الأوطار (3/ 357(
“Dan yang nampak, hukum takbir tambahan dalam shalat ied tidak wajib (sunah, -pent), sebagaimana pendapat yang dipegang oleh mayoritas ulama, karena tidak adanya dalil yang menjelaskan wajibnya takbir tambahan dalam shalat ied” (Nailul Authar, 3/357).
Dengan demikian simpulannya sebagai berikut;
- Takbir zaidah (tambahan selain takbiratul-ihram) pada salat ‘ied hukumnya tidak wajib dan tidak termasuk rukun shalat
- Apabila lupa kekurangan, kelebihan, atau ragu jumlah takbir dalam shalat ‘ied, tidak ada syari’at sujud sahwi.
BACA JUGA: Hukum Aqiqah Anak Diluar Nikah