Analisis Hadis-Hadis Seputar Bulan Rajab
Oleh : Dadi Herdiansah
Oleh : Dadi Herdiansah
Tiap bulan Rajab menghampiri kita, tiap kali itupula masih banyak yang menanyakan sejauh mana keshahihan suatu hadis tentang amalan-amalan pada bulan Rajab.
Catatan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas, dan mudah-mudahan sedikit tercerahkan.
Hadis Pertama:
Keutamaan Bulan Rajab
إِنَّ رَجَب شَهْرُ اللهِ، وَشَعْبَانَ شَهْرِيْ، وَرَمَضَانَ شَهْرَ أُمَّتِي
“Sesungguhnya Rajab itu bulannya Allah, dan Sya’ban itu bulanku, dan Ramadhan itu bulan ummatku”
Takhrij Hadis:
Hadis ini adalah potongan daripada Hadis panjang yang diriwayatkan oleh:
- Ibnu al-Jawzi dalam kitab al-Maudu’at
- Asy-Syajarī dalam kitab Tartību al-Amālī lil-Khamīsah Lisy-Syajarī
- Ibnu ‘Asākīr dalam kitab Mu’jam Ibni ‘Asākīr
Untuk jalur Ibnu al-Jawzī:
أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ نَاصِرٍ الْحَافِظُ أَنْبَأَنَا أَبُو الْقَاسِمِ بْنُ مَنْدَهْ أَنْبَأَنَا
أَبُو الْحُصَيْنِ على بن عبد الله ابْن جُهَيْمٍ الصُّوفِيُّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدٍ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا أَبى حَدثنَا خلف ابْن عبد الله وَهُوَ الصَّغَانِيُّ عَنْ حُمَيْدٍ الطَّوِيلِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dalam sanad Hadis ini terdapat
Ali ibn Abdullah ibn Juhaim yang lebih dikenal dengan nama Ibn Juhaim, dia tertuduh pendusta.
[1] Dalam kitab
Tārīkh al-Islām Imam adz-Dzahabi pun mengutip sanad ini yang padanya tertulis
Ali ibn Abdullah ibn Jahdlam
Sedangkan beberapa perawi lainnya dalam sanad ini tidak dikenali, bahkan beberapa ulama Hadis mengatakan bahwa barangkali mereka belum lagi dilahirkan (لعلهم لم يخلقوا). Hadis ini telah dihukumkan palsu oleh Ibn al-Jawzi, Ibn Qayyim, Ibn Hajar, al-Suyuti dan lain-lain.
[2]
Untuk jalur Asy-Syajarī:
أَخْبَرَنَا الْقَاضِي أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ مُحَمَّدٍ، بِقِرَاءَتِي عَلَيْهِ، قَالَ: أَخْبَرَنَا أَبُو سَعِيدٍ عُثْمَانُ بْنُ حَامِدِ بْنِ أَحْمَدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو سَهْلٍ أَحْمَدُ بْنُ الزَّجَّاجِ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَيُّوبَ الْمُخَرِّمِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ سَابُورٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ الْأَهْرَازَادِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ الْمَرْوَزِيُّ، عَنْ أَبِيهِ يَحْيَى بْنِ عَيَّاشٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَاصِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا
أَبُو هَارُونَ الْعَبْدِيُّ عُمَارَةُ بْنُ جُوَيْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ
Dalam sanad ini terdapat Abu Hārūn al-‘Abdī seorang tabi’īn rawi
dla’īf . Imam an-Nasa’ī menilainya
matrūk (hadisnya ditinggalkan).
[3]
Sedangkan beberapa rawi lainnya ada yang
majhul dan beberapa rawinya
dlaīf.
Untuk jalur Ibn ‘Asākīr:
أخبرنا بدل بن الحسين بن علي أبو الحسن الحلواني الفقيه بقراءتي عليه بحلوان قال أبنا عبد الملك بن أحمد بن أبي المحاسن الحلواني أخبرني الأديب أبو الفوارس بن بنجير القرماساني قال أبنا قاضي القضاة أبو منصور عبد الجبار بن أحمد أخبرني الإمام أبو بكر محمد بن نصر الهمذاني أبنا الشيخ الفقيه أبو منصور بن عبد الملك بن عبد الغفار قال أبنا والدي أبو القاسم عبد الملك أبنا أبو الحسن علي بن عبد الله فيما أذن لي بالرواية عنه أبنا أبو الحسن علي بن محمد بن سعيد البصير حدثني أبي ثنا خلف بن عبد الله الصغاني عن حميد الطويل عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
Jalur inipun beberapa rawinya
majhūl (tidak dikenal). Ibnu ‘Asākir mengomentarinya: “hadis ini gharīb sekali, pada sanadnya terdapat rawi-rawi
majhūl lebih dari satu”
[4]
Dari ketiga periwayatan diatas maka derajat hadis pertama ini :
Matruk – Mau’dlu (palsu)
Hadis Kedua:
Keutamaan Bershalawat kepada Nabi di bulan Rajab
رأيتُ لَيـْلَة َالمِعْرَاجِ نَهْرّا مَاءُهُ أَحْلَى مِنْ العَسَلِ، وَأَبرَدَ مِنْ الثلجِ، وأَطْيَبَ مِنْ المِسْكِ. فَقُلْتُ لِمَنْ هَذَا يَاجِبْرِيلَ ؟ قَالَ: لِمَنْ صَلىَّ عَلَيْكَ فيِ رَجَبَ.
“Saya melihat pada malam mi’raj sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih dingin dari salju, lebih harum daripada misk. Aku pun bertanya kepada Jibril: Untuk sipakah ini? Jibril menjawab: Buat mereka yang bershalawat kepadamu pada bulan Rajab.”
Takhtij Hadis:
Hadis ini belum ditemukan perawinya. Al-Kubawi yang menyebutkannya dalam kitab
Durratu al-Nasihin menukilnya dari kitab Zubdat alwa’izin.
[5]
Derajat hadis kedua ini, hukum Hadisnya:
Maudu’/Palsu.
Meskipun belum ditemukan perawi Hadis ini, namun al-Sakhawi berkata:
وأما الصلاة عليه في رجب فلا يصح فيها شيئ
“Tidak ada satu Hadis pun mengenai shalawat kepada Nabi (s.a.w) di bulan Rajab yang sahih”.[6]
Berdasarkan kaidah inilah Hadis ini dihukumkan palsu.
Bersambung pada hadits ketiga, …
[1] Ibn al-Jawzi, al-Maudu’at, jil. 2, hlm. 125.
[2] Ibid; Ibn Qayyim, al-Manar al-munif, hlm. 95-96; Ibn H.ajar, Tabyin al-‘ajab, hlm. 19-21; al-Suyuti, al-La’ali’, jil. 2, hlm. 55-56.
[3] Kitab Mizānul I’tidāl: Adz-Dzahabī. Juz 3 hal. 173
[4] Kitab Mu’jam Ibnu ‘Asākīr: Juz 1 hal. 186
[5] al-Khubawi, Durrat al-wa’izin, hlm. 45.
[6] al-Sakhawi, al-Qawl al-badi’, hlm 298.